Selasa, 02 Desember 2014

Filled Under: , , , , ,

Pearl Harbor (2001)

Share


Bagi Anda yang tahu sejarah, judul film di atas ini pasti mengingatkan Anda akan peristiwa bersejarah yang menyebabkan Amerika Serikat terjun ke Perang Dunia II. Pada 7 Desember 1941, pelabuhan Pearl Harbor yang penuh kapal perang AS diserang mendadak tanpa ada peringatan oleh armada udara Jepang sehingga begitu banyak korban berjatuhan.

Akibatnya Amerika Serikat yang tadinya masih ragu terlibat dalam Perang Dunia II, pun sepenuhnya bergabung dengan Sekutu dan menyatakan perang pada Jepang dan dua sekutunya, Jerman dan Italia. Banyak film yang menceritakan tragedi tersebut, namun dalam film "Pearl Harbor" karya sutradara Michael Bay, tragedi itu hanyalah latar belakang kisahnya.

Yang hendak diceritakan dalam film produksi tahun 2001 itu adalah drama cinta segitiga dua pria dan seorang wanita yang kebetulan ketiga-tiganya bekerja pada militer. Alkisah dua anak lelaki pedesaan di Tennesse pada tahun 1923, Danny Walker dan Rafe McCawley bersahabat karib dan bermimpi menjadi pilot. 18 tahun kemudian tepatnya pada tahun 1941, Rafe (Ben Affleck) telah menjadi pria dewasa yang kharismatik dan menjadi pilot Korps Udara AD AS (cikal bakal Angkatan Udara AS) yang berpangkat kapten.

Di sisi lain walau Eropa telah terjerumus dalam perang, namun AS masih netral sehingga Rafe yang ingin bertempur di udara sehingga menjadi pilot sukarelawan untuk Skuadron Rajawali Inggris yang menerima piot asing. Namun kepergiannya ke Eropa berarti Rafe meninggalkan kekasihnya, Evelyn Johnson (Kate Beckinsale), perawat AL AS yang berpangkat letnan dan juga sahabatnya, Danny (Josh Hartnett) yang juga kapten penerbang di Korps Udara. Namun Danny dan Evelyn kemudian mendengar Rafe ditembak jatuh dalam sebuah misi dan dianggap telah tewas.

Evelyn dan Danny sangat terpukul mendengar kabar tersebut karena tidak menyangka Rafe begitu cepat pergi dari kehidupan mereka. Melihat Evelyn begitu sedih, Danny yang juga tidak kalah sedih, berusaha menghibur gadis tersebut. Karena sering bersama, tidak heran jika timbul bibit-bibit cinta diantara keduanya. Pada suatu malam, Danny dan Evelyn pergi ke pantai dan tidak terduga bertemu dengan Rafe. Rupanya Rafe masih hidup dan kini marah melihat kekasihnya jatuh ke pelukan sahabatnya sendiri. Persahabatan karib itupun berubah menjadi permusuhan sengit. Belum lagi Danny dan Rafe menyelesaikan masalah mereka, tiba-tiba armada udara Jepang menyerang Pearl Harbor.

0 komentar:

Posting Komentar

2014 © Movieism
RealMag theme by Templateism - Published By Gooyaabi Templates | Powered By Blogger