Senin, 01 Desember 2014

Filled Under: , , , , ,

Behind Enemy Lines (2001)

Share



Film ini dibintangi oleh Gene Hackman dan Owen Wilson. Mungkin hanya dalam satu film ini Owen Wilson memerankan karakter yang agak serius, karena setahu saya film-film lain yang dia bintangi semuanya bergenre komedi atau paling tidak dia berperan sebagai orang konyol di dalamnya.

Plot cerita film ini digarap dengan baik sekali (menurut pendapat saya tentunya). Bermula dari 2 orang pilot Amerika yang melakukan patroli rutin di daerah konflik sekitar Bosnia-Serbia yang sedang dalam proses perdamaian, dimana mereka menemukan aktifitas pasukan yang berencana melakukan semacam pemmberontakan. Pasukan ini melakukan pembunuhan massal kepada masyarakat yang ada di wilayah tersebut. Karena merasa terancam maka tentara tersebut menembak jatuh pesawat Amerika itu. Dari sinilah perjuangan Lt. Chris Burnett (Owen Wilson) dimulai untuk keluar dari daerah musuh.

Film ini terinspirasi dari pengalaman kisah nyata dari mantan Kapten Angkatan Udara Amerika, Scott O'Grady, yang ditembak jatuh di Bosnia pada 2 Juni 1995. Dia berhasil bertahan hidup selama 6 hari sebelum diselamatkan. Film ini tidak persis menceritakan pengalaman dari Kapten Scott O'Grady, makanya tadi di awal saya menggunakan kata-kata "terinspirasi". Sebagai contoh, pada kenyataannya O'Grady tidak pernah memasuki kawasan berpenduduk, tidak pernah juga berinteraksi dengan warga sipil. Selain itu, O'Grady tidak pernah menerbangkan pesawat F/A-18F (pesawat ini belum dipakai tahun 1995) tapi dia menerbangkan F-16 Fighting Falcon.

0 komentar:

Posting Komentar

2014 © Movieism
RealMag theme by Templateism - Published By Gooyaabi Templates | Powered By Blogger