Selasa, 25 November 2014

Filled Under: , , , , ,

Rush Hour (1998)

Share


sendiri menceritakan tentang seorang detektif polisi Hong Kong, yakni Detektif Inspector Lee (Jackie Chan) yang merupakan sahabat Konsul Cina Han Solon (Tzi Ma), berhasil mencegah penyelundupan artefak-artefak Cina yang tak hanya berharga tinggi, namun juga mempunyai nilai sejarah. Berkat bantuan Konsul Han Solon, penyelundupan artefak-artefak tersebut oleh organisasi kejahatan pimpinan Juntao alias Thomas Griffin (Tom Wilkinson) berhasil digagalkan Detektif Inspector Lee di malam terakhir kekuasaan Inggris di Hong Kong.

Dua tahun kemudian, Konsul Han yang kini bertugas sebagai diplomat di Los Angeles bersama keluarganya, mengalami musibah karena anak perempuan kesayangannya yang baru berusia 11 tahun, Soo Yung (Julie Hsu) diculik. Rupanya penculik Soo Yung tersebut adalah suruhan Juntao yang hendak membalas dendam atas kegagalannya dua tahun lalu di Hong Kong. Walaupun FBI telah mengerahkan banyak agennya untuk mengusut kasus penculikan Soo Yung, namun konsul tersebut tidak mempercayai FBI dapat menyelesaikan kasus tersebut dengan baik. Sehingga iapun meminta bantuan sahabatnya, Detektif Lee dari kepolisian Hong Kong. Oleh karena itu, Lee segera pergi ke Los Angeles sebagai penasehat diplomatik untuk bekerja sama dengan FBI. Namun FBI tidak senang atas permintaan Konsul Han tersebut karena merasa polisi asing tersebut akan mencampuri urusan FBI. Akhirnya FBI secara resmi meminta bantuan dari Los Angeles Police Distric (Kepolisian Distrik Los Angeles) untuk mendampingi Lee.

Kebetulan LAPD ingin menyingkirkan salah satu detektifnya yang sering membuat ulah, yakni Detektif James Carter (Chris Tucker), sehingga segera mengirimkannya ke FBI. Detektif James Carter adalah seorang detektif yang sering bermulut besar dan suka bertindak semaunya sehingga tidak heran jika operasi penyergapan narkotika gagal karena ulahnya dan dua polisi tertembak. Akhirnya Detektif Carter menghadapi ultimatum dari atasannya untuk memilih diskors dua bulan atau membantu FBI untuk menyelesaikan kasus penculikan anak diplomat Cina. Tentu saja Carter memilih tawaran terakhir dan malah merasa bangga diminta untuk membantu FBI. Padahal ia sama sekali tidak tahu bahwa ia disuruh untuk "mengasuh" Detektif Lee dari Hong Kong agar tidak mengganggu pekerjaan FBI dalam kasus tersebut. Begitu tahu apa tugasnya, Carter sama sekali tidak gembira, namun terpaksa menerima tanggung jawabnya.

Perasaan tidak senang yang dirasakan pula oleh sang detektif Hong Kong, Lee karena ia merasa dihalang-halangi untuk membantu sahabatnya. Namun lambat laun walau dengan enggan hati akhirnya mereka bekerja sama juga untuk menyelidiki sendiri kasus penculikan tersebut tanpa sepengetahuan FBI maupun LPAD. Apalagi Lee merasa harus cepat menemukan Soo Yung sebelum dibunuh Juntao yang kejam itu. Banyak kejadian lucu yang terjadi dalam penyelidikan mereka lantaran seringnya ada perbenturan budaya yang berbeda antara Lee dan Carter dan petualangan mereka dalam menyusuri jalanan Los Angeles untuk mencari jejak para penculik, serta perkelahian yang seru antara dua detektif dengan para penjahat yang mau membunuh mereka.

0 komentar:

Posting Komentar

2014 © Movieism
RealMag theme by Templateism - Published By Gooyaabi Templates | Powered By Blogger