Jumat, 28 November 2014

Filled Under: , , , ,

Pay It Forward (2000)

Share



“Think of an idea to change our world – and put it into ACTION!“

Itu adalah kalimat yang menjadi dasar cerita yang disampaikan dalam film berjudul Pay It Forward. Film yang diproduksi tahun 2000 dan dibintangi oleh Kevin Spacey, Haley Joel Osment, Helen Hunt, dan Jay Mohr ini berhasil merebut perhatian saya dengan ceritanya yang menginspirasi. Why is that?

Diawali dengan adegan seorang wartawan yang sedang meliput kejadian penyanderaan di sebuah rumah ketika mobilnya ditabrak hingga rusak berat oleh si penyandera. Saat sedang merundungi mobilnya yang sudah tidak dapat dipakai lagi, seorang pria tua datang dengan anjingnya dan lalu tanpa ‘tedeng aling-aling’, memberikan mobil jaguarnya kepada si wartawan. Rasa ingin tahu yang mengalir di diri si wartawan akan apa yang menyebabkan pria tua ini mau memberikan mobil (ekstra) mahalnya kepada si wartawan yang baru saja dilihatnya saat itu, lalu membawanya menelusuri dari mana sebetulnya asal ide gerakan ‘Pay It Forward’ tersebut hingga ke Vegas.



Singkat kata, ide ini bermula dari seorang anak berusia 11 tahun bernama Trevor yang diberi tugas besar oleh guru barunya yang dituangkan dalam kalimat yang saya tulis di awal tulisan ini. “Think of an idea to change our world – and put it into ACTION!“. Kinda huge for a seventh grader, huh? Tapi Trevor punya mimpi, dan dia membuat konsep yang disebutnya Pay It Forward. Intinya adalah seseorang melakukan hal besar untuk membantu seseorang yang mungkin akan mengubah hidupnya. Si orang yang dibantu kemudian diminta untuk membayar ‘hutang’nya tersebut dengan membantu tiga orang lain. Dan begitu seterusnya. Tanpa disangkanya, aksi yang telah dianggapnya gagal karena di depan matanya dia tidak dapat membantu seorang pun, nyatanya terus menyebar hingga Los Angeles.

0 komentar:

Posting Komentar

2014 © Movieism
RealMag theme by Templateism - Published By Gooyaabi Templates | Powered By Blogger