Selasa, 25 November 2014

Filled Under: , , , , ,

Liar Liar (1997)

Share


Mungkin Anda pernah mendengar kata bijak "the truth shall set you free" (terjemahan bebas: kebenaran akan selalu membantu Anda). Tetapi tidak bagi sang tokoh utama dalam film komedi yang bernuansa satir "Liar, Liar" karena kebenaran itu ternyata tidak selalu diinginkan atau disukai orang lain sehingga menyebabkannya terlibat dalam berbagai kesulitan.

Kisah film hasil karya sutradara Tom Shadyac pada tahun 1997 ini menceritakan tentang Fletcher Reede (Jim Carrey) yang adalah seorang pengacara yang lihai bersilat lidah dan pembohong besar. Bohong telah mendarah daging bagi Fletcher, apalagi sifat itu membuatnya selalu menang dalam kasus yang ditanganinya.

Tidak heran kalau jasa kepengacaraannya diburu banyak orang. Walau menguntungkan karier Fletcher, tidak bagi mantan istrinya, Audrey Reede (Maura Tierney) yang sudah muak dengan kebiasaan tersebut sehingga meninggalkannya. Sementara putra Fletcher, Max (Justin Cooper) yang sudah berulangkali dikecewakan oleh ayahnya yang tidak pernah memenuhi janjinya. Walau kecewa pada Fletcher, Max tetap menyayangi dan menginginkan ayahnya bisa berubah.

Lantaran hal itu maka pada hari ulangtahunnya, pada saat meniup lilin kue, Max pun mengajukan permintaan pada Yang Di Atas agar Fletcher tidak bisa berbohong selama 24 jam. Tidak terduga doa Max dikabulkan dan Fletcher pun mendadak kehilangan kemampuan berbohongnya. Padahal mulutnya adalah aset terbesar Fletcher dalam menghadapi lawan di pengadilan, sedangkan ia sedang menangani kasus perceraian dimana ia mewakili seorang istri yang gemar berselingkuh, Samantha Cole (Jennifer Tilly).

Apa yang dipikirkan Fletcher terhadap orang lain langsung diucapkan secara blak-blakan tanpa bisa dicegah, walau mengenai keburukan orang lain. Seperti yang terjadi dalam kasus perceraian Samantha yang sedang disidang di pengadilan. Seharusnya Fletcher bersilat lidah seperti yang biasa dilakukannya agar kliennya bisa memperoleh bagian harta gono-gini yang <i>gede</i> dari sang suami. Terang saja ia jadi kelabakan karena kejujurannya membuat orang banyak tersinggung. Tidak hanya kariernya terancam, Fletcher juga menghadapi krisis lain karena mantan istrinya mau membawa Max pindah ke Boston.  

Apa yang akan dilakukan Fletcher untuk menyelamatkan kariernya ? Bagaimana Flecther harus menghadapi kenyataan bahwa ia bisa saja kehilangan anaknya ?

0 komentar:

Posting Komentar

2014 © Movieism
RealMag theme by Templateism - Published By Gooyaabi Templates | Powered By Blogger